Download

3/27/2012

Belajar Simulasi dengan PROTEUS

Beberapa saat yang lalau, ada praktikan yang gagal membuat sebuah rangkaian. Akhirnya saya mengenalkan Software PROTEUS kepada mereka sekedar untuk belajar. S yukur2 bermanfaat membuat lebih semangat belajar tentang elektronika.
Yuph… Sebelum membuat rangkaian elektronika, ada baiknya kita simulasikan terlebih dahulu rancangan rangkaian kita menggunakan software cerdas bernama PROTEUS. Disini, kita bisa bermain-main dengan simulasi, sehingga dengan mudah kita mengetahui apakah rancangan elektronika kita sudah benar atau masih ada yang salah. Buat teman-teman yang baru mendengar istilah PROTEUS ini, berikut saya berikan tutorial singkat cara menggunakan software simulasi elektronika ini. Sangat mudah dan simple.
1.  Instal PROTEUS, kemudian jalankan Aplikasi ini.
-Baca Selengkapnya>
2. Akan muncul GUI seperti gambar di bawah ini
awal
3. Kemudian pilih komponen yang akan digunakan, lihat gambar. Pada toolbox sebelah kiri, pilih Component mode kemudian klik tombol yang berisi huruf P Untuk mengaktifkan Pick Device.
Pick Device adalah box dialog untuk memilih komponen yang akan kita gunakan.
pilih komponen
4.  Akan muncul box dialog, isikan komponen yang Anda inginkan pada kolom keywords. misalnya  diisi 7408 kemudian pilih salah satu list komponen yang muncul, klik OK!
memilih komponen
5.  letakkan komponen yang telah Anda pilih ( dalam contoh ini adalah gerbang AND dari IC 7408). Selanjutnya silahkan mencari komponen Togglestate, Led Green, VCC dan GROUND kemudian
letakkan ke stage.
6. oiya,,Komponen VCC dan Ground dapat diperoleh disini
7. Langkah beriikutnya adalah  menyambung komponen satu dengan yang lain. Arahkan kursor mendekati ujung komponen, Klikc mouse kemudian arahkan kursor menuju ujung
komponen yang lain
.
8. Lakukan berulang sehingga mendapatkan rangkaian sederhana seperti gambar di bawah ini
Okey.. setelah menggambar komponen selesai, saatnya kita menjalankan simulasi. Simulasi akan berjalan setelah kita menekan tombol PLAY di pojok kiri bawah
untuk melihat hasilnya, tekan komponen logicstate. Saat ditekan, logika akan berubah dari 0 –> 1 dan sebaliknya.
APA YANG TERJADI???
ketika bernilai 1, maka LED akan menyala. Hal ini disebabkan karena ujung gerbang  AND (kakai 1) di hubungkan dengan VCC sehingga logikanya pada kaki ini  bernilai 1. Seperti yang telah kita ketahui bersama, 1 di AND kan dengan 1 maka hasilnya adalah 1.  LED hidup karena mendapat suplai tegangan sebesar 5 v ( logika 1 = 5 v) kemudian dialirkan ke GROUND.
hhmm… well demikian sekelumit tentang cara menggunakan Software PROTEUS untuk simulasi rangkaian elektronika kita. Sangat cocok sekali digunakan untuk media belajar elektronika. Sekedar info, Software ini bisa mendownload program dari luar.sehingga untuk rancangan-rancangan menggunakan Mikrokontroler, bisa disimulasikan disini.
selamat belajar… :)

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Aulia DirUt. Powered by Blogger.
 

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger