Download

9/06/2012

SHUTDOWN KOMPUTER VIA SMS


Sekedar iseng bro & sis.. Berikut ini trik untuk SHUTDOWN KOMPUTER VIA SMS. Logika alurnya sbb :

HP >sms> MODEM/HP >diteruskan> KOMPUTER >diproses> APLIKASI >perintah> SHUTDOWN


MODEM/HP yang menerima SMS
SMS yang diterima disini harus diteruskan ke program (yang nanti kita buat) agar bisa diproses. Sehingga kita membutuhkan aplikasi tambahan yang berfungsi sebagai semacam SMSGateway. Untuk aplikasi ini kita bisa menggunakan GAMMU (http://www.wammu.eu) untuk menyimpan SMS didalam sebuah database. Yang nantinya Data didalam database inilah yang akan kita proses. (Untuk tutorial GAMMU bisa di googling sendiri yah). Modem/HP yang digunakan sebagai penerima SMS disini bebas menggunakan merk apa saja, yang penting kompatibel dengan GAMMU. (cek di http://www.wammu.eu/phones)

APLIKASI
Bagian ini merupakan inti dari artikel ini, karena kita akan membuat sendiri aplikasi untuk shutdown komputer. Tentu saja disesuaikan dengan database yang digunakan GAMMU. Karena database yang digunakan adalah MySQL, jadi untuk part-1 ini aplikasi yang akan kita buat berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP.

SCRIPTNYA DISINI : SCRIPT 1

Fungsi dari script diatas adalah untuk melakukan pengecekkan kedalam database, di tabel INBOX. Jika ada pesan masuk dengan keyword “SHUTDOWN” maka script akan memerintahkan komputer untuk melakukan shutdown. Untuk linux kita bisa menggunakan perintah “system(“halt”)” tapi dengan terlebih dahulu melakukan autentikasi

Tapi tentu saja, dengan script diatas, komputer kita bisa diShutdown siapa saja jika ada SMS masuk dengan pesan “SHUTDOWN”, sehingga untuk mengatasi hal ini kita perlu melakukan validasi No.HP si pengirim SMS, dimana nomor ini harus berasal dari nomor HP kita sendiri. berikut validasinya dengan mengedit baris ini:

SCRIPTNYA DISINI : SCRIPT 2

Agar program yang kita buat ini melakukan pengecekkan terhadap inbox secara realtime, file ini harus dalam keadaan dibuka di browser. Ini hasil buatan dari explore crew.

Selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Aulia DirUt. Powered by Blogger.
 

Blog Archive

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger