Download

11/15/2012

Access MultiSensor / MultiChannel using TComPort Delphi and AVR Microcontroller


Ini post lanjutan dari interface yang  menggunakan MSCOMM nya vibi buat DELPHI..nah,,disini saya pakai TComPort yang legendaris bagi programmer interface delphi..karena kemudahan dan kehandalannya, maka komponen ini saya nobatkan sebagai RECOMMENDED COMPONENT..hehe..singkat kata di komputer kita udah terinstall komponen ini dan semua sensor sudah terpasang pada port ADC dari mikrokontroller AVR (ATMega8/16/8535),,misalkan pada kasus ini kita menggunakan 3 sensor suhu LM35..permasalahannya adalah bagaimana mengakses ketiga sensor tersebut secara bersamaan dan menampilkan data sensor di form delphi secara real time??? ini adalah hal yang gampang2 susah tentunya,,
kita bisa memanfaatkan string pada kasus ini..yaitu penambahan suatu karakter unik (sembarang) untuk tiap pengiriman data masing2 sensor yang berguna membedakan data tiap2 sensor,,nah misalkan ceritanya kita sudah membuat rangkaian mikronya+sensor2nya lalu sensor2 tersebut ditempatkan pada PORT ADC (PORTA)  ATMega16 yaitu pada port PORTA.0,PORTA.1 dan PORTA.2..data setiap sensor misalkan :
  1. sensor 1 = 30 drjtCelcius
  2. sensor 2 = 40 drjtCelcius
  3. sensor 3 = 50 drjtCelcius
pada setiap akhiran data misalkan kita ambil 3 karakter/string unik, yaitu A untuk sensor 1, B untuk sensor 2, dan C untuk sensor 3…karakter2 ini kita tambahkan pada program MIKROnya BUKAN pada Delphi,,si Borland ini cuma bertugas membedakan data tiap2 sensor..untuk pengujian format pengiriman data jika dilihat di HyperTerminal adalah 30A40B50C..ini adalah format yang akan masuk dan diolah Delphi pada akhirnya nanti..kalo mau 10 sensor gimana?? ya tinggal tambahkan aja A-J..kalo 70 sensor? ya mudah,tinggal tambahkan aja A-Z,a-z,!@#$^&*()-_=+[]{}|\’:;><,.?/~`hahahaha..emang buat apa sampek butuh sensor sebanyak itu? hehe,,enak kan?? :D kita gak usah pusing2,,biar delphinya aja yg pusing2 sortir tuh data…
data yang masuk ke delphi akan dipilah2 oleh TStringList dan akan  dimasukkan ke EditBox delphi sesuai urutan yang kita tentukan..jadi karakter2 unik pembeda data tadi akan dibuang, tinggal datanya saja..hehe..siplah pokoknya…
mungkin yang seperti ini belum ada ya? soalnya saya dulu cari2 tentang multi sensor buat delphi gak ketemu2 akhirnya saya akalin kayak gini,,ehh,,kok ya POWERFULL banget buat saya..hehe,,alhamdulillah..kalopun ada yang kayak gini ya mungkin kebetulan pemikirannya sama kayak saya..:D
sebenarnya saya mau bagi semua source code delphi + mikronya,,tapi ya setelah saya pikir kok ya saya juga butuh “masukan” dari yang bener2 membutuhkan program ini..hehe..kenapa kok gitu? ya terserah saya lah..masalah buat loe??!! hehe..Donate me,if you need this :D saya hanya menanggapi yang serius..tolong kerjasamanya..:D anda hanya cukup memberikan donasi dan  saya akan memberikan semua source code :D
ini bisa digunakan untuk semua sensor asalkan output sensornya numerik dan anda sudah bisa mengakses sensornya..hehe,,misalkan 5 sensor Ultrasonik PING juga bisa,,3 sensor LM35+2 sensor PING juga bisa..suka2 deh pokoknya..
silakan email ke songolikur@gmail.com (Khusus hanya yang serius mau “berbagi”)
ini contoh screenshotnya (bisa diganti sesukanya) :
nb: atau mau saya gantikan tampilannya biar lebih bagus juga bisa

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Aulia DirUt. Powered by Blogger.
 

Blog Archive

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger