Download

12/08/2012

Amplifier Klas A


Salah satu kerugian dari Amplifier klas A adalah, bahwa selalu terdapat/mengalir arus DC pada pin kolektor. Oleh karna itu dissipasi tenaga transistor tinggi, walaupun sedang tidak ada sinyal masuk yang akan diperkuat. Salah satu contoh Amplifier klas A adalah seperti gambar dibawah ini:
Kinerja Amplifier klas A tunggal ini hanya kira-kira 50%, selain itu mempunyai harmonis yang mengakibatkan cacat (distorsi) sampai 5%, distorsi tersebut disebabkan karena bagian nonlinier arus kolektor akan bertambah menurut bertambahnya arus basis pada bagian non-linier itu juga. Untuk penguatan tenaga yang cukup besar maka distorsi itu cukup jelas terdengar.
Amplifier Klas A Push-Pull (Balance)
Untuk memperoleh daya yang lebih besar dari klas A maka dapat di terapakan menggunakan sistem Push-Pull (Balance). Dengan menggunakan sistem ini mempunyai beberapa keuntungan, misalnya:
1. Dapat menghilankan distorsi
2. Dapat menghasilkan Output yang lebih besar
3. Dapat menghilangkan efek jenuh DC pada tranformator
Contoh rangkaian klas A Push-Pull (Balance) seperti di perlihatkan pada skematik gambar dibawah ini:
Dalam rangkaian tersebut sinyal input yang masuk kemasing - masing penguat itu sama besarnya dan berbeda fasa. Transformer yang di gunakan juga khusus untuk penguat Push-Pull, yaitu gulungan primernya terdiri dari dua bagian atas dan bawah yang keduanya mempunyai impedansi yang sama (tansformator center-tap). Gulungan sekundernya yang akan dihubungkan ke sepeker sama dengan transformer OT biasa.
Demikan sekilas mengenai Amplifier klas A dari catatan saya... semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Aulia DirUt. Powered by Blogger.
 

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger