Download

10/05/2012

Vackar Oscillator #2 : Very Low Noise


Membuat oscillator Vackar dengan transistor 2N3904 merupakan pengalaman yang menyenangkan, sementara percobaan untuk meningkatkan dengan menggunakan FET mengalami kegagalan.  Selanjutnya saya mencoba membuat rangkaian Vackar Oscillator hasil disain Iulian Rosu (YO3DAC / VA3IUL – http://www.qsl.net/va3iul/ ) yang dimuat dalam tulisan berjudul “Very Low Phase Noise Vackar VFO for HF Transceivers”.  Seperti biasa, saya menyesuaikan dengan stock komponen yang ada di laci saya.
Sementara rangkaian digambar, silahkan unduh artikel aslinya dulu ya, Bro . . .
Kumparan pembangkit frekuensi saya buat menggunakan 50 lilit kawat email 0,3 mm pada koker silinder plastik diameter 8 mm, sama dengan pada oscillator Vackar sebelumnya.  Varco menggunakan varco besi cukup 1 gang saja.
L2 = 30 lilit kawat email 0,3 mm pada ferit batang.
L3 = L4 = 2,5 mH 100 mA, saya copot dari rangkaian pemancar yang tidak terpakai.
L5 dan L6 = dililit pada ferit balun TV menggunakan kawat email 0,3 mm, primer 20 lilit dan sekunder 5 lilit.
L7 = kawat email 0,6 mm 5 lilit diameter kumparan 1 cm, tanpa koker.
L8 = 9 lilit, sama dengan L7.
Transistor saya gunakan BD 139 untuk jenis NPN dan BD 140 untuk PNP.
Power supply + 9 Volt melalui IC 7809.
Hasil Percobaan :
Sinyal terdengar halus pada radio kempitan, bisa dituning dengan mudah frekuensi antara 3,5 MHz sampai 5,0 MHz ( kurang dan lebih, varco belum sampai mentok ).
Rangkaian tampak agak rumit tetapi pastinya tidak akan mengecewakan anda.

Update :
Percobaan oscillator ini pada beberapa rangkaian driver ternyata membawa getaran samping yang mengotori frekuensi lain pada penerima.  Diduga disebabkan metode konstruksi atau nilai komponen yang kurang tepat khususnya pada bagian trafo kopling dan filter.  Masih diperlukan percobaan lanjutan supaya hasilnya maksimal.
Untuk sementara saya kembali ke oscillator Vackar dengan 2N3904 sebagai andalan dalam percobaan.

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Aulia DirUt. Powered by Blogger.
 

Blog Archive

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger